Termux - Terminal Emulator Untuk Coding

  • Anonesian
Termux app
Termux - Terminal Emulator

Sistem operasi Android adalah perangkat lunak yang sangat canggih, dirancang khusus untuk perangkat dengan antarmuka layar sentuh. Hal ini memudahkan siapa saja untuk menggunakannya, tanpa pengetahuan sebelumnya tentang perangkat atau perangkat lunak tersebut. Meskipun intuitif, pendekatan ini juga memiliki kelemahan. Sebagian besar perangkat lunak seringkali hanya sebatas kulit saja, memanfaatkan ruang layar yang terbatas. Terdapat tombol dan menu besar dengan hanya informasi penting yang ditampilkan dengan cara paling berwarna dan flamboyan. Ada pendekatan lain terhadap perangkat lunak, meskipun ini dibuat untuk orang-orang culun yang suka mengutak-atik perangkat lunak. Antarmuka baris perintah (CLI) adalah lingkungan yang memungkinkan dunia aplikasi dan skrip dijalankan pada perangkat, menawarkan lebih banyak informasi dan fungsionalitas, bahkan otomatisasi pada perangkat sekecil ponsel cerdas. Ini adalah gerbang kecil kami ke emulator terminal Termux.

Termux memberi Anda akses ke prompt Linux yang memungkinkan Anda melakukan berbagai hal. Ini juga merupakan tempat yang baik untuk mempelajari beberapa perintah Linux, dan membiasakan diri menjalankan perangkat lunak Linux di ponsel Anda. Termux dapat diluncurkan seperti aplikasi lain di ponsel Anda. Namun, perangkat lunak yang Anda instal di Termux hanya akan berjalan melalui command prompt, tanpa tanda-tanda antarmuka sentuh, atau pintasan apa pun di laci aplikasi Anda. Papan ketik di layar (atau papan ketik fisik) harus menjadi teman terdekat Anda.

Termux tersedia di Android App store, tetapi pembaruan mungkin tidak dilakukan secara rutin di sana. Namun ini tersedia sebagai APK yang dapat diunduh dari situs F-Droid atau F-Droid Store, yang merupakan toko aplikasi alternatif untuk Android.

Saat pertama kali menjalankan Termux, Anda akan melihat command prompt seperti kebanyakan terminal Linux. Pengguna Windows mungkin akrab dengan Command Prompt. Perangkat lunak yang dimaksudkan untuk dijalankan pada antarmuka ini dapat diinstal dari prompt ini menggunakan beberapa perintah.

Terminal prompt praktis seperti sistem operasi lainnya. Anda dapat membuat daftar file dengan mengetik 'ls'. Mengetik 'clear' akan menghapus layar. Anda dapat menggunakan tombol panah atas dan bawah untuk menelusuri riwayat perintah. Anda dapat mencari berbagai perintah Linux dan Anda akan dapat memperolehnya dalam waktu singkat. Ada baiknya untuk merujuk pada dokumentasi online tentang perintah Linux, cara menjalankan perangkat lunak Linux dan segalanya akan lebih jelas. Berikut beberapa tugas mudah yang dapat Anda selesaikan di Termux dalam sekejap.

Periksa kesehatan koneksi anda

Termux dapat mengubah ponsel Anda menjadi pemeriksa kesehatan jaringan dalam sekejap. Perintah ping dapat digunakan misalnya untuk melihat latensi dari perangkat Anda ke server. Ini bahkan bisa berupa router internet Anda, atau router internet. Ketik ping 8.8.8.8 dan Anda akan melihat aliran balasan ping. Latensi disebutkan di akhir setiap baris. Ping ini akan berlanjut hingga Anda menghentikannya, dengan menekan Ctrl + C. Anda juga dapat menemukan antarmuka baris perintah untuk speedtest.net, bahkan perangkat lunak traceroute terperinci yang dapat menampilkan semua lompatan yang dibuat koneksi Anda dalam perjalanan ke tujuan.

Install perangkat lunak di Termux

Ping adalah contoh alat yang ada di Termux, seperti distribusi Linux lainnya. Ada banyak alat yang bisa diinstal. Ini tersedia melalui repositori, yang merupakan perpustakaan berisi ratusan dan ribuan perangkat lunak yang dapat Anda instal di ponsel Anda dengan cara ini. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan perintah apt install. Misalnya, mengetik 'apt install htop' akan menginstal htop. Htop adalah alat yang membantu Anda memantau sumber daya pada pengaturan Anda saat ini. Ketik 'htop' di Termux untuk menjalankan htop. Mengetik q akan menghentikannya. Sebagian besar perangkat lunak baris perintah Linux menggunakan q untuk keluar. Beberapa orang lain mungkin menggunakan Esc.

Menggunakan Termux sebagai pengunduh web

Termux juga dapat digunakan sebagai downloader untuk mendownload file berukuran besar dari situs web. Ada klien torrent yang tersedia untuk Termux, serta pengunduh http seperti curl dan wget. Mereka harus dibundel dengan Termux. Jika tidak, ini dapat diinstal menggunakan perintah 'apt install curl' dan 'apt install wget'.

Menghubungkan ke perangkat jarak jauh menggunakan ssh

Ssh adalah alat yang memungkinkan Anda terhubung ke perangkat lain. Misalnya, jika Anda memiliki komputer atau laptop Linux, Anda dapat menggunakan ssh dari Termux untuk menyambungkannya. Beberapa router bahkan mendukung koneksi ssh masuk dan antarmuka ini dapat digunakan untuk mengontrol router dari jarak jauh. ssh adalah alat yang banyak digunakan untuk pemantauan dan administrasi, jadi sangat mengesankan bahwa hal ini sekarang dapat dilakukan dari ponsel cerdas Anda. Cukup ketik ssh diikuti dengan IP atau nama perangkat di jaringan Anda untuk mengaksesnya.

Menggunakan Termux sebagai lingkungan pengembangan

Termux dapat digunakan untuk menulis dan menjalankan kode, seperti PC desktop atau laptop lainnya. Ini dapat digunakan untuk memoles bahasa pemrograman seperti Python atau bahasa skrip seperti skrip Shell/Bash. Instal editor teks seperti Nano atau Vim menggunakan perintah 'apt install' dan Anda sudah siap. Python juga dapat diinstal menggunakan perintah apt install. Dengan beberapa tambahan dan penyesuaian, Vim dan Nano dapat diubah menjadi lingkungan pengembangan yang lengkap.

No comments:

Post a Comment

Top