7 Cara Menulis Tesis dan Rangkumannya

  • Anonesian
Gambar

Menulis tesis dan rangkuman mungkin terdengar menakutkan bagi sebagian orang, tetapi dengan panduan praktis ini, Anda akan belajar bagaimana langkah-langkah yang sederhana untuk membuat tesis yang kuat dan rangkuman yang efektif. Artikel ini akan membahas beberapa tips penting yang akan membantu Anda mengatasi tantangan menulis tesis dan rangkuman dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ketahui dan pahami!

Pengertian Tesis

Sebelum kita mulai, mari kita definisikan apa itu tesis. Tesis adalah dokumen tulisan yang mencerminkan hasil penelitian dan analisis mendalam tentang topik tertentu. Tesis sering kali merupakan persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana atau pascasarjana. Dalam tesis, Anda akan menyajikan ide-ide Anda secara sistematis dan mendalam.

  1. Menentukan Topik
  2. Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai adalah menentukan topik tesis Anda dengan tepat. Pilih topik yang menarik atau unik bagi Anda dan relevan dengan bidang studi Anda. Pastikan topik tesis Anda cukup spesifik sehingga Anda dapat melakukan penelitian yang mendalam dan memberikan kontribusi baru ke dalam pengetahuan yang ada.

  3. Membuat Rangkuman
  4. Setelah Anda menentukan topik tesis, langkah berikutnya adalah membuat rangkuman. Rangkuman adalah gambaran umum tentang apa yang akan Anda bahas dalam tesis Anda. Rangkuman harus mencakup latar belakang masalah, tujuan penelitian, metode yang akan digunakan, dan hasil yang diharapkan. Rangkuman akan membantu Anda menjaga fokus dan arah penulisan Anda.

  5. Penelitian yang Mendalam
  6. Untuk menulis tesis yang kuat, Anda perlu melakukan penelitian yang mendalam tentang topik Anda. Kemudian cari dan gunakan berbagai sumber daya seperti buku, jurnal ilmiah, artikel, dan sumber informasi online yang dapat dipercaya. Catat informasi penting dan buat daftar referensi yang akurat untuk menghindari plagiarisme.

  7. Menyusun Kerangka Tesis
  8. Setelah Anda selesai melakukan penelitian, maka saatnya menyusun kerangka tesis Anda. Kerangka tesis adalah struktur dasar yang akan memandu Anda dalam menulis tesis. Mulailah dengan pengantar yang jelas, ikuti dengan bab-bab yang memaparkan argumen Anda, dan akhiri dengan kesimpulan yang kuat. Pastikan setiap bab terhubung dengan lancar dan argumen Anda disajikan secara logis.

  9. Menulis Tesis
  10. Sekarang saatnya untuk menulis tesis Anda. Mulailah menulis dengan kata pengantar yang menarik dan jelas, yang memperkenalkan topik Anda dan menggugah minat pembaca. Selanjutnya, jelaskan secara rinci argumen-argumen Anda dan berikan bukti pendukung yang kuat. Pastikan setiap argumen yang Anda tulis terhubung dengan baik dan buat paragraf yang terorganisir dengan baik.

  11. Menulis Rangkuman
  12. Setelah menyelesaikan bagian utama tesis, jangan lupa untuk menulis rangkuman yang kuat. Rangkuman harus mencerminkan temuan utama Anda dan menjelaskan implikasinya secara singkat. Jelaskan bagaimana penelitian Anda memberikan kontribusi baru ke dalam bidang studi Anda.

  13. Merevisi dan Mengedit
  14. Setelah menyelesaikan penulisan tesis dan rangkuman, langkah terakhir adalah merevisi dan mengedit. Bacalah kembali tesis yang Anda tulis dengan cermat, perbaiki kesalahan tata bahasa jika ada, lalu pastikan struktur dan alur tulisan Anda konsisten. Mintalah bantuan dari teman atau dosen untuk memberikan masukan dan saran yang berguna.

Kesimpulan

Menulis tesis dan rangkuman mungkin merupakan tugas yang menantang, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah praktis ini, Anda akan dapat menulis tesis yang kuat dan rangkuman yang efektif. Ingatlah untuk menentukan topik yang menarik, melakukan penelitian yang mendalam, dan menyusun kerangka yang baik. Dengan sedikit dedikasi dan kerja keras, Anda akan berhasil menyelesaikan tesis Anda dengan sukses. Selamat menulis!

No comments:

Post a Comment

Top